By | September 3, 2020

Nah, jika modal kamu masih terbatas, maka kamu tidak perlu membeli seluruh peralatan sekaligus. Untuk selebihnya, kamu bisa mencicil sembari berjalannya bisnis. Ikan cupang hias yang dipelihara dalam sebuah wadah ini, harus dikontrol setiap waktu. Artinya, airnya harus dilakukan penggantian tiap four hari sekali. “Jangan lupa dikasih obat biru untuk menjaga kadar pH dalam botol. Cupang hias yang dipelihara dengan baik dan benar rata-rata bisa bertahan hidup selama satu tahun,” jelas Asep.

Tentu saja, ini menjadi peluang yang bagus agar Moms bisa meraup keuntungan maksimal. Usaha rumahan ini sedang naik daun juga karena kerajinan tangan saat ini terus diburu, apalagi bagi turis manca negara. Untuk menemukan ide dan jenis kerajinan tangan, Moms bisa mencarinya di web. Agar terlihat lebih profesional dan serius, tidak ada salahnya bagi Moms untuk membuka toko on-line yang bisa dikerjakan dari rumah tanpa harus punya kantor besar. Pertama, Moms harus riset pasar dulu untuk mengetahui mana ikan yang berpotensi besar menguntungkan.

Memasuki umur ke 15 hari, Anda baru bisa memisahkan anakan dengan indukan cupang jantan. Berikut rincian modal yang perlu Anda siapkan dalam membangun budidaya ikan ini. Perlu diketahui bahwa melakukan promosi tidak selalu membutuhkan finances yang besar lho. Dengan kekuatan dari media sosial yang ada saat ini, hal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mengiklankan bisnis yang kamu buat tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun. “Usia 4 bulan sudah bisa dijual, dengan kisaran harga bervariasi dari Rp one hundred ribu sampai Rp 500 ribu per ekor nya,” terang dia.

Usaha bisnis ikan cupang

Celakanya, banyak penangkar beralih ke ikan hias lain yang sedang diminati oleh konsumen secara besar saat harga cupang adu anjlok. Akibat kelatahan tersebut harga jual ikan tertentu yang tadinya mahal akan anjlok karena membanjirnya pasokan. Dari kegiatan bisnis, kelatahan tersebut merugikan kepercayaan dan dapat merusak hubungan baik, oleh karena itu, langkah terbaik hargailah dengan tetap konsisten memelihara cupang walaupun harganya rendah. Harga pasti akan berangsur- angusur naik seiring dengan membaiknya harga di pasar luar negeri. Mengubah jenis ikan hias yang dipelihara sebenarnya tidak terlalu mudah. Lingkungan pemeliharaan seperti airnya sudah spesifik untuk kehidupan cupang adu.

Untuk e-commerce kamu bisa manfaatkan untuk menjual bibit dan perlengkapan memelihara ikan hias juga menjual jasa pemasangan atau pengantaran ikan hias langsung kerumah. Alasannya sederhana, karena harus bekerja atau belajar dirumah menjadikan banyak orang memiliki banyak waktu luang dalam menekuni hobi mereka bahkan menemukan hobi baru. Dan mengoleksi ikan hias sudah lama menjadi hobi yang populer di Indonesia. Setelah itu cobalah untuk menentukan rencana pemasaran Anda, di mana sekiranya Anda bisa menemukan tempat menjual ikan.

Untuk indukan betina pilih ikan cupang yang tidak memiliki warna secerah jantan, badan pendek dan gemuk, dan umur 4-6 bulan. Pada indukan ikan cupang jantan ada garis putih vertikal di badan dan insang, warna lebih cerah, bagian perut membesar dan lunak bila dipegang, titik putih di bagian perut lebih menonjol dan gerakan pasif. Pada indukan ikan cupang betina memiliki ciri-ciri garis putih pada insang, warna semakin cerah, gerakan agresif, dan mengumpulkan busa untuk menempelkan telur. Ada beberapa kriteria ikan cupang yang berkualitas atau Great A, antara lain bisa dilihat dari performa ikan tersebut ketika berenang, kerapian siripnya, mental ikan tersebut, kesehatan, serta corak warnanya. Ikan cupang yang memenuhi kriteria untuk kontes inilah yang biasanya memiliki harga jual yang tinggi. Ikan cupang yang memiliki sirip dengan berbagai bentuk dan corak warnanya ini biasanya ikan cupang berjenis kelamin jantan, maka tidak heran jika ikan cupang jantan inilah yang paling diburu orang.