By | September 5, 2020

Fokus terhadap satu jenis ikan hias tapi dengan jaminan keuntangan yang lumayan tentu saja lebih baik daripada mencoba mengembangbiakan berbagai jenis ikan hias dalam waktu yang bersamaan. Hobi mengoleksi ikan hias itu bukan cuman untuk mereka yang berduit dan punya kolam ikan di belakang rumahnya. Tapi orang-orang yang hanya memiliki kubik kecil sebagai akuarium atau toples kaca juga berhak menekuni hobi mengoleksi ikan hias.

Kemudian ada jenis serit atau crowntail yang ekornya berbentuk menyerupai sisir serit serta jenis plakat yang memiliki corak warna sangat indah dan anggun salah satunya menyerupai warna ikan koi. Dimulai dengan cara menyisihkan laba dari bisnis online akesori ikan cupang, Ivan terus menambah produk supaya terus meningkat. Sementara itu, kendala dalam usaha jual beli ikan by way of online terkendala waktu pengiriman, terutama pengiriman di luar pulau Jawa.

Namun untuk di pasaran umumnya, harga ikan cupang double tail ini dipatok mulai Rp.50 ribu hingga Rp. Ketika musim hujan tiba, saat wabah demam berdarah mewabah, ikan cupang menjadi salah satu ikan hias yang paling banyak dicari. Soalnya, ikan ini dinilai efektif sebagai predator jentik nyamuk demam berdarah.

Usaha bisnis ikan cupang

“Karena Cupang Hias ini suka hidup di air tenang. Makanya, ikan ini sangat cocok untuk dipelihara di rumah,” katanya. Ikan cupang ini dinamakan berdasarkan pemilik awalnya yang berasal dari Thailand, yaitu Kachen Worachai. Warnanya pun bila diperhatikan menyerupai warna bendera Thailand sehingga di negeri tersebut ikan cupang ini sangat bernilai harganya.

Pelajari pula teknik fotografi yang apik sehingga dapat menarik pengunjung media sosial anda untuk membeli ikan cupang anda. Jika anda bisa memadukan antara kemampuan mempelajari fotografi yang baik dengan media sosial dapat dipastikan banyak orang akan tertarik dengan usaha anda. Teknik perawatan yang terakhir adalah tempat anda meletakkan ikan cupang hias. Ikan cupang merupakan jenis ikan aduan yang akan berkelahi jika bertemu satu sama lain. Menghindari hal tersebut maka anda membutuhkan toples yang berukuran kecil untuk meletakkan masing-masing ikan yang anda budidayakan. [newline]Pertama, anda harus mulai dengan mendapatkan induk ikan cupang yang akan dikawinkan dan menghasilkan anakan untuk usaha anda.

Selain itu, lanjutnya, budi daya ikan cupang termasuk yang tidak perlu tempat yang luas dan waktunya juga cepat. Dari proses peneluran, penetasan, hingga ikan cupang tersebut siap untuk dijual cukup membutuhkan kurun waktu satu bulan. Kali ini Karja menyambangi salah satu anak muda di Kota Samarinda yang sedang merintis usaha ikan cupang, yaitu Fathur Rahman. Dia mengatakan, bisnis budi daya ikan cupang ini cukup banyak di Samarinda.

Jika usaha ikan adu ini dikelola dengan baik, ternyata bisa memberikan keuntungan yang menggiurkan. REPUBLIKA.CO.ID, PADANG–Persaingan yang cukup tinggi dan kebiasaan baru masyarakat menjadi peluang tersendiri bagi para pelaku usaha. Jika sebelum masa pandemi Covid-19 bisnis ikan cupang atau ikan hias tidak begitu diminati, namun sekarang usaha budidaya ini sedang naik daun karena permintaan cukup tinggi. Persaingan yang cukup tinggi dan kebiasaan baru masyarakat menjadi peluang tersendiri bagi para pelaku usaha.